Pengabdian Masyarakat di Kampung Sawah, Kalimalang

Jakarta, Sabtu, 9 Mei 2015 mengawali belasan kegiatan PKMU 3 di Kampung Sawah, Kalimalang, Jakarta Timur. Dengan mengusung Pengabdian pada Masyarakat, membuat peserta PKMU 2015 yang notabennya adalah mahasiswa/i Univeristas Negeri Jakarta tergerak hatinya untuk berkontribusi konkret pada masyarakat.

pkmu3aa

Kampung Sawah, Kalimalang merupakan kampung tersembunyi dari megahnya Ibukota yang terhimpit sebuah kali kotor dan lapangan kosong akibat runtuhan gedung. Kampung yang kecil, namun sangat padat oleh pemukimnya. Kayu dan papan menjadi rangka utama Kampung Sawah. Pengamen , pemulung, dan pedagang keliling/asongan adalah mayoritas pekerjaan penduduknya. Kampung yang anak-anak nya pun ikut membantu orang tua mereka dengan mengamen di sore hingga malam demi sesuap nasi dan keperluan pendidikan.

pkmu3aaa

Ya, dengan latar belakang puing-puing reruntuhan gedung dan mentari yang cukup panas, peserta PKMU 2015 berkumpul, mendengarkan sambutan dari Bapak Sutin, selaku ketua RT setempat serta Ajie Handoyo, Ketua PKMU 2015. Langkah apa yang selanjutnya Kami lakukan di Kampung ini?

“Orang tidak bisa mengabdi kepada Tuhan dengan tidak mengabdi kepada sesama manusia. TUhan bersemayam di gubuknya si miskin” Soekarno.

Setelah menyusuri seluk beluk Kampung Sawah, peserta beserta panitia PKMU 2015 pun menyusun aksi strategis untuk memberikan pengaruh positif kepada peningkatan kualitas hidup masyarakat sana. Program yang tidak terlalu besar, namun insyaAllah akan bermanfaat besar bagi masyarakat kampong Sawah. Pengerjaan Aula dan perbaikan mck, Penerangan jalan dan Aula, Penanaman tumbuhan angsana di sekitar kali serta pendidikan bagi ibu-ibu dan anak-anak menjadi program prioritas PKMU 2015.

Untuk melakukan semua program itu tentu membutuhkan dana. Dan akhirnya peserta yang terbagi 10 kelompok dengan waktu kurang dari 4 jam harus mengumpulkan dana sekitar 15 juta. Ya, ini adalah tantangan cukup berat bagi peserta PKMU. Semua kelompok, ataupun individu menyebar mencari dana. Mengamen di bis kota/jalan/ruko, menjual makanan/baju di mall/jalan, broadcast pesan meminta sumbangan adalah beberapa cara hebat untuk mendapatkan dana. Tentu banyak kesan dan pelajaran hidup yang didaoat peserta saat mencari dana seperti mulai bagaimana sulitnya mencari uang, arti bersyukur,peduli pada sesama, ikhlas mengabdi, bernegoisasi dan komunikasi dengan banyak orang. Dan Masyaa Allah, karena gerak kami memiliki tujuan yang baik, maka Allah mudahkan langkah kami. Di sore harinya pun terkumpul uang sekitar 12 juta lebih hasil kerja keras peserta dan beberapa panitia PKMU 2015.

pkmu3a

PKMU 3 ini dilaksanakan selama seminggu kedepan. Dan selama seminggu itu pula peserta dan panitia PKMU serta kakak-kakak BEM UNJ 2015 datang ke Kampung Sawah untuk mengabdi. Untuk Laki-laki difokuskan untuk memperbaik Aula dan MCK, penerangan Aula dan jalan serta penanaman pohon Angsana. Sedangkan pendidikan ibu-ibu (seminar parenting), pendidikan anak-anak (Paud, mengaji, pelajaran sekolah) dan memasak difokuskan bagi perempuan.

Sabtu, 17 Mei 2015 pekerjaan yang diagendakan untuk selesai akhirnya rampung. Aula dapat digunakan masyarakat dan MCK yang awalnya terlihat kurang memadai bisa dinikmati pula oleh warga, pohon angsana pun berjejer di pinggiran kali. Di akhir penutupan PKMU 3. Semua peserta dan panitia PKMU beserta kakak-kakak BEM UNJ 2015 berkumpul di Aula . Berbagai penampilan dari adik-adik Kampung Sawah seperti menari, menyanyi, marawis, dan membaca puisi turut meramaikan acara ini. Dihadiri oleh Bapak Uded Darusalam, S.Pd, M.AP selaku Kepala Bagian Mahasiswa UNJ syukuran dan makan bersama warga pun menjadi akhir dan penutup dari rangkaian kegiatan PKMU 3. Semoga segala pikiran, keringat dan harta yang telah rekan-rekan keluarkan menjadi saksi dan pemberat amalan di akhirat kelak. Jejak langkah pun menjadi bermanfaat bagi warga Kampung Sawah.

PKMU2015!!

Berkontribusi, Menginsipirasi, Untuk Negeri !!

Hidup Mahasiswa!!! Hidup Rakyat Indonesia!!

pkmu3brg

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s