Membedakan slot PCI, PCI-E X16, AGP dan PCI-E x1

Untuk membedakan berbagai slot yang berjajar di motherboard kita hanya perlu melihat spesifikasi di buku manual motherboard tersebut atau bisa juga melihat tulisan di dekat slot pda motherboard. namun sebagai gambaran mari kita lihat gambar dibawah ini.

diatas ada 4 jenis slot berbeda, kegunaan masing2 adalah :

  • PCI-E X16 : Slot untuk VGA Card yang ada di motherboard baru mulai digunakan secara luas saat motherboard dengan prosesor LGA 775 [P4 dan celeron]. sampai sekarang slot VGA ini masih digunakan.
  • AGP : Slot VGA Card yang digunakan pada motherboard lama seperti LGA 478 dan komputer P3, saat ini sudah jarang digunakan dan dipasaran pun sudah mulai langka.
  • PCI : Slot PCI merupakan slot yang bisa dibilang multi fungsi karena sangat banyak peripheral komputer yang menggunakan Slot PCI, dari mulai VGA [sudah sangat jarang], ethernet card, LAN card, Sound card, USB card, Sata Card.
  • PCI-E X1 : sama seperti slot PCI kegunaannya sangat banyak namun belom banyak yang menggunakan slot ini.
Bagaimana membedakan slot VGA | AGP dan PCI Express
Bagaimana membedakan slot VGA | AGP dan PCI Express
Bagaimana membedakan VGA AGP dan PCI Express (PCIex) adalah VGA eksternal berbeda, dalam hal kualitas dan fisik mereka berbeda. AGP memiliki 2 macam jenis versi AGP 4x dan 8x, terakhir dari AGP adalah AGP 3.0 yang umumnya disebut sebagai AGP 8x yang dirilis pada bulan November 2000. Spesifikasi ini mendefinisikan kecepatan hingga 533 MHz sehingga memungkinkan throughput teoritis hingga 2133 Megabyte / detik (dua kali lebih tinggi dibandingkan dengan AGP 4x). Namun demikian, fakta bahwa kinerja yang ditunjukkan oleh AGP 8x tidak benar-benar dua kali lebih tinggi dari 4x AGP, sedangkan PCI Express juga memiliki 2 jenis PCIex PCIex 1,0 dan 2,0. PCI Express adalah kemampuan 2 kali lebih dari kemampuan AGP 8x, kemudian disebut dengan PCIex 16x – 16x PCIex 1.0 atau – 2.0.
Tapi sekarang keberadaan VGA AGP sudah langka karena produksi dihentikan,
Banyak toko yang menjual AGP lebih mahal dari PCIex. Setiap kali Anda ingin membeli VGA untuk menggunakan Anda harus memiliki untuk mengetahui perbedaan baik secara fisik. Jika tidak maka kemungkinan Anda akan salah dalam memilih jenis VGA, jika Anda menggunakan AGP atau PCI Express VGA (PCIex). Anda harus membeli sesuai dengan dukungan motherboard Anda, jika Anda memiliki buku Anda harus membaca manual motherboard dan lihat apakah motherboard anda mendukung AGP atau PCI Slot VGA Express atau PCIex.
Jika Anda tidak perlu langsung membongkar PC Anda dan lihat slotnya.Biasanya juga ditulis di papan jenis motherboard yang digunakan:
Karakteristik yang dimiliki oleh slot AGP VGA adalah:
* Bentuknya yang lebar dan pendek,
* Pembatasnya dipusatkan
* Warna slot tergantung pada merek dapat motherboar coklat, merah atau lainnya.
Sedangkan karakteristik dari PCI Express VGA (PCIex), yaitu:
* Bentuk lebih panjang sekitar 8-10cm
* Pemisahnya hanya 1-2cm dari kiri.
* Warna ini juga relatif.
Ini adalah kecepatan lebar data maximun dari PCI Express
 Kecepatan          Max
PCI-ex 1x        250 MB/s
PCI-ex 2x        500 MB/s
PCI-ex 4x        1000 MB/
sPCI-ex 8x      2000 MB/s
PCI-ex 16x     4000 MB/s
PCI-ex 32x     8000 MB/s
Ada beberapa tipe VGA card

VGA PCI

VGA AGP

VGA PCI Express

Yang membedakan diantara ketiganya adalah slot yang di gunakan jadi dalam pemasangan vga card hanya akan berbeda pada letaknya saja.cara memasang vga card tidaklah sulit dan dapat di lakukan siapa saja yang mau berusaha karena tidak harus memerlukan keahlian khusus hanya jika ingin memasang vga card harus hati hati.
Cara memasang vga card yang blogger sragen berikan ini kayaknya sudah banyak yang mengetahui dan saya yakin telah banyak pula yang tahu cara memasang vga card namun tidak ada salahya jika blogger sragen ini memeberikan cara memasang vga card kepada anda yang kepingin belajar. Untuk memasang vga card yang di perlukan hanyalah VGA Card, Obeng dan skrup.

Cara Memasang VGA Card

Sebelum memasang VGA card kenali tipe VGA card yang anda punya. Dan teliti bahwa VGA card tersebut memang sudah support dengan Mobo anda.

  1. Buka casing dan perhatikan adanya slot vga sesuai tipe PCI, AGP, PCI Express

    Gambar slot VGA AGP

    slot vga agp berwarna hijau, lain motherboar kadang beda warna.

Gambar slot VGA PCI Express

slot VGA PCI Express berwarna orange, lain motherboar kadang beda warna dan slot PCI berwarna putih
  1. Jika sudah di ketahui jenis slot yang di gunakan untuk memasang vga card maka anda tinggal pasang ke slot yang telah tersedia dan menekannya, dan biasanya anda harus melobangi belakang case untuk memasang vga card tersebut dengan mencukil case cpu tempat untuk memasang VGA Card
  2. Untuk menguatkan kaitkan dengan skrup dan dikuatkan dengan obeng
  3. Cek kembali apakah cara memasang VGA card anda sudah benar.
Demikian cara memasang vga card dan semoga dengan membaca ini anda bisa belajar dan mengerti bahwa cara memasang vga card tidak serumit yang di bayangkan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s